https://3.bp.blogspot.com Type a message -->

Galeri Indonesia Indah

Agen BandarQ, DominoQQ, Domino99, Poker Online

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday, November 18, 2019

12 TEMPAT WISATA TANA TORAJA YANG BEGITU INDAH

12 TEMPAT WISATA TANA TORAJA YANG BEGITU INDAH

GaleriQQ - Tidak ada yang lebih indah dari Indonesia. Kiranya ungkapan tersebut tak berlebihan jika kita memang telah mengetahui bagaimana keindahan alam terhampar di luasnya tiap daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Toraja. Menjadi wilayah dengan kearifan lokal yang masih kuat dan memiliki ciri khas sekaligus nuansa mistik.

Hal tersebut justru menjadi salah satu daya tarik pariwisata yang ada di Toraja. Ada beberapa situs bersejarah yang cukup menyita perhatian seperti Kuburan di Tebing Batu, peninggalan Megalitik yakni Batu Simbuang hingga Rumah Adat yang berusia hingga ratusan tahun. Tak hanya itu, banyaknya Tempat Wisata di Toraja tentu menjadi perhatian utama.

Beberapa keunikan yang bisa ditemukan adalah adanya upacara pemakaman Rambu Solo yang mana menjadi tradisi untuk menghormati para leluhurnya. Ada juga tradisi yang disebut cukup memicu adrenalin karena beberapa orang diketahui tidak berani menyaksikan langsung cara menyembelih kerbau Ma’Tinggoro Tedong. Meski begitu, tempat-tempat wisata yang ada di Toraja juga patut untuk dieksplor disamping adanya keunikan dari segi kultur dan budaya.

1. Wisata Kete Kesu


Wisata ini merupakan desa yang indah dan unik. Mereka yang berkunjung ke desa Kete Kesu sangat bisa melihat pemandangan yang menyegarkan. Adanya pemandangan yang begitu menakjubkan serta udara yang masih alami dan tidak terpapar polusi merupakan daya tarik terbesar. Desa ini memiliki sebuah kompleks rumah adat Tana Toraja yang memang dikenal dengan Tongkonan.  Rumah adat ini disebut sebagai tempat untuk menyimpan mayat sementara sebelum nanti dikebumikan.

Lokasi dari Kete Kesu ini ada di 4 Km dari Rantepao. Desa yang menjadi objek wisata paling banyak dikunjungi oleh wisatawan karena berada di kawasan perbukitan dan persawahan sehingga mampu memberi pemandangan yang memanjakan mata.

2. Wisata Museum Ne’ Gandeng


Ada yang berbeda dari tempat wisata ini. Dulunya, bangunan tersebut merupakan sebuah tempat pelaksanaan prosesi penguburan Ne’ Gandeng. Meninggal di tanggal 3 Agustus 1994 silam dan prosesinya dilakukan dengan begitu detail. Sebab, masyarakat Toraja sendiri juga dikenal sebagai pribadi yang begitu menghormati para leluhur. Tak heran kalau pemerintah setempat akhirnya menjadikan lokasi pemakaman ini sebagai museum. Bahkan Museum Ne’ Gandeng juga menjadi perhatian dunia sebagai objek wisata yang paling diminati.

Lokasi Museum Ne’ Gandeng ini berada di Desa Pelang. Para wisatawan bisa mengunjungi museum ini tepatnya ada di Sa’dan Balusu, Toraja, Sulawesi Selatan.

3. Wisata Londa


Tempat wisata di Toraja berikutnya adalah Wisata Londa. Rasanya tidak sah kalau tak menyempatkan diri ke Wisata Londa ini jika memang sudah singgah di Tana Toraja. Londa merupakan sebuah kompleks kuburan yang ada di sebuah tebing batu besar.  Bahkan Londa ini juga diketahui dikelilingi oleh pegunungan sehingga memberi suasana yang begitu sejuk dan menyegarkan. Ada sensasi berbeda ketika memasuki Londa karena bernuansa gaib dan banyak gua dengan lubang pada tebing yang sengaja dipahat sebagai tempat peti yang berisi mayat.

Penempatan mayat ini tak boleh sembarangan dan sesuai dengan garis keluarga. Lokasi Wisata Londa berada di sekitar 7 Km dari Kota Rantepao dan sering dijadikan sebagai salah satu taman rekreasi Toraja paling banyak dikunjungi turis.

4. Wisata Kompleks Megalit Kalimbuang Bori


Ada yang berbeda dari tempat wisata Kompleks Megalit Kalimbuang Bori ini. Pengunjung bisa melihat banyaknya batu menhir atau batu berdiri. Batu ini memang sengaja didirikan dengan fungsi sebagai bukti untuk menghormati para tetua adat atau keluarga bangsawan yang sudah meninggal di ratusan tahun silam. Sebab, batu menhir ini juga sudah berusia ratusan tahun serta cocok untuk dijadikan spot foto saat berkunjung ke Toraja.

Kompleks Megalit Kalimbuang Bori ini berada di kecamatan Sesean. Pengunjung akan mudah menemukan tempat ini karena sudah begitu terkenal di masyarakat sekitar.

5. Objek Wisata Palawa


Berkunjungi ke Objek Wisata Palawa akan membuat para wisatawan melihat adanya rumah adat Toraja yang unik. Rumah adat tersebut didesain dan juga didekor semenarik mungkin menggunakan tanduk kerbau yang ditempatkan di bagian depan Tongkonan. Ada banyak rumah adat yang juga terbilang unik dan menarik para pendatang untuk mengabadikannya menggunakan kamera.

Objek Wisata Palawa atau Desa Palawa ini terletak di 12 KM dari Rantepao. Tepatnya berada di Kabupaten Toraja Utara dengan banyak rumah adat yang khas.

6. Wisata Batutumonga


Wisata Batutumonga merupakan tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Sebab, desa ini memiliki pemandangan alam yang masih begitu terjaga. Pengunjung bisaa melihat adanya Kota Rantepao dari ketinggian mencapai 1300 M diatas permukaan laut. Keberadaannya memang cukup tinggi dan banyak orang yang menyebutnya dengan negeri di atas awan. Waktu paling tepat berkunjung adalah pada sore hari dimana pemandangan yang tersaji begitu indah.

Wisata Batutumonga berada di Kabupaten Toraja Utara. Tempatnya juga tak jauh dari lokasi wisata yang ada di Toraja lainnya.

7. Wisata Ollon


Ollon menawarkan sebuah hamparan bukit hijau yang cukup luas dan cocok untuk keluarga yang ingin menghabiskan waktu atau akhir pekan bersama. Pengunjung bisa menginap dengan mendirikan tenda ala berkemah dengan suasana sejuk udara bukit serta keindahan alam di sekelilingnya. Tempat ini juga disebut cocok dijadikan taman bermain untuk anak-anak dengan bukit yang luas dan nyaman.

Wisata Ollon berada di Bau, Bonggakaradeng. Pengunjung juga bisa memanfaatkan lokasi ini sebagai spot foto prewedding atau sebatas foto biasa bersama teman-teman.

8. Wisata Ranteallo


Ranteallo ini merupakan sebuah desa yang memberikan penampilan indah ketika senja. Ada banyak keindahan yang bisa kita dapatkan. Menjadi sebuah desa dengan sejumlah rumah Tana Toraja yang saling berhadapan satu sama lain. Bahkan keunikannya rumah adat ini dibuat dengan bentuk, ukuran dan juga tinggi yang sama. Begitu pengunjung melihatnya mereka akan terkesan rapi dan tertata indaah. Rumah ada Toraja ni juga memiliki perpaduan yang begitu cantik antara warna atap rumah dan juga rerumputan di depan dan bagian belakang rumah.

Lokasi dari Wisata Ranteallo ini berada di kawasan Kecamatan Tallungpilu, Toraja, Sulawesi Selatan. Pengunjung yang datang bisa berasal dari lokal ataupun turis mancanegara yang ingin mengetahui keunikan bentuk rumah di Ranteallo.

9. Wisata Air Terjun Kalean


Kali ini beranjak ke sebuah desa yang bernama Kalean. Pengunjung bisa menemukan sebuah wisata alam yang begitu terjaga dan menakjubkan. Ada Air Terjun Tujuh Tingkat yang merupakan objek wisata paling diincar di desa ini. Keunikannya adalah air terjun ini memiliki tujuh tingkatan dengan ketinggian yang berbeda. Airnya juga masih terlihat sangat sejuk, bersih dan jernih. Keindahan ini yang membuat para pelancong makin betah dan ingin berenang.

Letak dari Wisata Air Terjuan Kalean adalah di Desa Kalean, Marintang Simbuang. Tepatnya berada di Kecamatan Mengkendek, Toraja yang tidak sulit untuk menemukannya karena begitu dikenal oleh masyarakat sekitar.

10. Bori Parinding dan Pohon Tarra


Tana Toraja memang selalu dikenal unik untuk bentuk makam yang ada di sana. Ada makam-makam batu kuno yang salah satunya populer disebut Bori Parinding. Objek Wisata di Toraja ini merupakan sebuah kompleks pemakaman kuno yang sudah digunakan sejak tahun 117. Tidak semua jenazah bisa dimakamkan di tempat ini tetapi hanya untuk keluarga bangsawan terutama yang merupakan keturunan Ramba. Keunikannya terlihat dari batu-batu menhir yang berukuran raksasa dan diletakkan di depan Bori Parinding dan difungsikan untuk mengikat kerbau, anoa, babi ataupun sapi untuk disembelih saat upacara pemakaman Rambu Solo berlangsung.

Letak dari Bori Parinding dan Pohon Tarra berada di lereng Gunung Sesean. Tepatnya di Kecamatan Sesean dan Lo’ko Mata yang ada di Kecamatan Sesean Suolara.

11. Air Terjun Sarambu Assing


Jika ingin berjelajah di tempat-tempat yang segar dan menyejukkan, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah di Air Terjun Sarambu Assing. Air terjun ini berasal dari sumber mata air yang ada di pegunungan sehingga airnya memang begitu dingin dan segar ketika memutuskan untuk berenang. Tergolong wisata baru yang masih berada di pelosok dan akses juga belum maksimal. Sehingga, bagi para pengunjung yang ingin datang sebaiknya menyiapkan kondisi fisik yang kuat.

Air Terjun Sarambu Assing ini berada di Lembang Patongan, Kecamatan Bittung. Kondisi jalan masih berupa jalan setapak yang tidak memungkinkan jika pengunjung membawa kendaraan bermotor untuk sampai di lokasi.

12. Lokomata


Nama yang unik untuk sebuah tempat wisata di Toraja. Tempat ini juga tak jauh berbeda dengan tempat pemakaman lainnya Lokomata dikenal sebagai tempat menyimpan jenazah dan berada di pinggir jalan raya. Lokomata berarti lubang, tempat yang terdiri dari batu yang sangat besar daan dilubangi untuk meletakkan jenazah. Tak hanya itu, aturan pemakaman adalah satu lubang digunakan untuk pemakaman satu keluarga. Indonesia Indah

Lokomata terletak di Sesean Matallao, Suloara. Tempat pemakaman ini mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan raya tepatnya ada di Kabupaten Toraja Utara.

Bukti bahwa Indonesia kaya akan budaya memang tersebar di berbagai daerah termasuk Toraja. Masyarakat menjaga betul apa yang ditinggalkan oleh para leluhur dan menghormatinya. Berbagai tradisi tetap dilakukan serta adanya Destinasi Wisata di Toraja yang identik dengan pemakaman menjadi daya tarik tersendiri. Meski begitu, pengunjung tetap bisa menemukan wisata alam yang tersedia seperti ar terjun dan pemandangan di desa yang masih begitu terjaga suasana asrinya.

Keindahan Toraja memang tak bisa dipungkiri atau diabaikan begitu saja. Ada sebuah tempat yang disebut negeri di atas awan karena pesona alamnya yang menakjubkan. Ada juga wisata yang kental dengan budayanya. Toraja merupakan kekayaan dengan tanah eksotik yang ada di pegunungan Sulawesi. Toraja adalah bukti bahwa Indonesia kaya akan budaya dan tradisi yang masih terjaga.

Jangan sampai ketinggalan ya dengan 12 wisata Tana Toraja yang begitu indah.

NAMA SITUSPILIHAN GAMEPROMOJOIN DISINI

situs judi poker 24 jam terbaik terpercaya deposit semua bank dan emoney
AduQ, BandarQ, Capsa, Domino99, Poker, Bandar Poker, Sakong, Bandar66Cashback 0.5%
Referral 10% + 10%
Rp.20.000
NAMA SITUSPILIHAN GAMEPROMOJOIN DISINI

situs judi poker 24 jam terbaik terpercaya deposit semua bank dan emoney
AduQ, BandarQ, Capsa, Domino99, Poker, Bandar Poker, Sakong, Bandar66Cashback 0.5%
Referral 10% + 10%
Rp.15.000
NAMA SITUSPILIHAN GAMEPROMOJOIN DISINI

situs judi poker 24 jam terbaik terpercaya deposit semua bank dan emoney
Agen Bola, Sabung Ayam,Togel Online, Casino Online -
-
Rp.50.000
NAMA SITUSPILIHAN GAMEPROMOJOIN DISINI

situs judi poker 24 jam terbaik terpercaya deposit semua bank dan emoney
Togel Online, Casino Online -
-
Rp.10.000
NAMA SITUSPILIHAN GAMEPROMOJOIN DISINI

situs judi poker 24 jam terbaik terpercaya deposit semua bank dan emoney
AduQ, BandarQ, Capsa, Domino99, Poker, Bandar Poker, Sakong, Bandar66Cashback 0.5%
Referral 10% + 10%
Rp.20.000

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages